apa itu woocommerce

Woocommerce Adalah ? Penjelasan & Kegunaan

Jasa website bandung kali ini akan mengulas woocommerce dan kegunaan nya. Untuk orang awam kebanyakan tentu pasti bingung ketika di tanya apa itu woocommerce. Oleh karena itu jasa website bandung ingin membahasnya untuk menambah pengetahuan kita.

Apa Itu Woocommerce

Woocommerce merupakan plugin open source untuk CMS wordpress. Woocommerce pertama kali di luncurkan pada 27 September 2011 oleh developer Automattic. Woocommerce menjadi plugin toko online terbaik di antara CMS yang lain. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP memungkinkan para developer menciptakan ekstensi untuk mengoptimalkan kinerja woocommerce.

Kegunaan Woocommerce

Secara singkat, woocommerce merupakan plugin yang merubah website biasa menjadi toko online. Dengan menambahkan woocommerce website kita untuk memiliki kemampuan toko online yang lengkap. Pengoperasian woocommerce sangat mudah dipelajari oleh siapapun. Dengan berbagai kemudahan nya tidak salah jika woocommerce menjadi penguasa CMS toko online di dunia.

Kegunaan utama dari woocommerce yaitu menciptakan sebuah tipe konten halaman produk. Dengan adanya konten produk, kamu bisa membuat katalog produk yang lengkap dengan deskripsi, gambar produk, harga dan lainnya. Kamu bisa membuat katalog produk sebanyak mungkin yang kamu mau asalkan kapasitas hosting kamu mencukupi.

Pengiriman di Woocommerce

Untuk urusan jasa pengiriman di woocommerce, saat ini sudah banyak developer yang terintegrasi. Pilihan nya banyak, ada yang 100% gratis, ada pula yang berbayar. Diantaranya terdapat kelebihan dan kekurangan masing masing. Untuk versi gratis tentu jasa pengiriman yang tersedia terbatas, rata rata hanya JNE, JNT & TiKi. Untuk versi berbayar jasa pengiriman lengkap namun kamu harus merogoh kocek lagi untuk membeli lisensi nya.

Sistem Pembayaran Woocommerce

Bicara mengenai toko online, tidak lengkap jika melupakan sistem pembayaran. Secara default, woocommerce menyediakan sistem pembayaran bank transfer, COD dan Paypal. Semua tipe pembayaran yang ada bersifat manual confirmation. Contoh nya, jika kamu menggunakan pembayaran bank transfer, pembeli harus konfirmasi kepada admin mengenai pembayaran yang sudah di lakukan. Dengan kata lain kita harus benar benar mengecek setiap pembayaran yang ada secara manual. Tujuan nya agar kita tidak salah dalam mengelola pesanan yang masuk.

Selain pembayaran default, woocommerce juga bisa terintegrasi dengan payment gateway. Sekarang sudah banyak payment gateway yang tersedia di Indonesia seperti Midtrans, Xendit, Doku dll. Semua sudah terintegrasi dengan baik dan bekerja dengan sempurna di woocommerce. Keunggulan menggunakan payment gateway, semua sistem pembayaran menjadi otomatis. Setiap pembayaran yang diterima, admin akan mendapatkan pesan beserta detail pemesanan. Lebih memudahkan proses pengelolaan pesanan untuk kamu yang ingin simpel dan praktis tetapi tetap aman.

Setelah kita membahas secara singkat mengenai woocommerce. Tentu akan lebih memudahkan kita untuk menentukan website seperti apa yang kita butuhkan. Sekarang sudah banyak CMS toko online yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Dengan segala kemudahan yang di berikan oleh woocommerce, tentu ini menjadi poin penting. Untuk pilihan nya ada di tangan kamu, apa kamu ingin yang simpel namun lengkap maka woocommerce jawaban nya.

Woocommerce merupakan plugin open source untuk wordpress yang mampu menjadikan website kamu menjadi toko online.

Sistem pembayaran yang di sediakan oleh woocommerce di antaranya bank transfer, COD dan Paypal. Untuk tingkat lanjut woocommerce dapat di integrasikan dengan payment gateway.

Woocommerce dapat di tambahkan ekstensi plugin jasa pengiriman yang terintegrasi seperti JNE, JnT, TiKi dll.

Untuk mengelola pesanan yang masuk, kamu dapat mengakses halaman administrator woocommerce website kamu. Selain itu kamu juga dapat memasang aplikasi resmi dari woocommerce dari android atau iphone.

Woocommerce dapat di kustomisasi menggunakan template dan juga plugin tambahan yang tersedia.